Rancangan Arsitektur Sistem Berbasis Pengetahuan Obat Buatan untuk Kebutuhan Swamedikasi

Yeni Agus Nurhuda, Ryan Randy Suryono, Dede Krisna Friansyah

Abstract


Arsitektur sistem berbasis pengetahuan obat buatan ini dirancang berdasarkan hasil analisis akan kebutuhan informasi tentang obat buatan bagi para pelaku swamedikasi. Arsitektur sistem dalam penelitian ini dirancang dengan menggunakan blok diagram untuk menggambarkan arsitektur sistem secara umum dan untuk menggambarkan detail rancangan digunakan metode perancangan berorientasi objek dengan tools Unified Modeling Language (UML). Proses perancangan sistem dimulai dengan mengembangkan arsitektur sistem yang terdiri atas diagram blok yang memuat komponen-komponen dari sistem. Desain detail sistem dibuat dengan merancang model kegiatan sistem dengan Use Case Diagram, rancangan aktivitas untuk menggambarkan aliran kerja digunakan Activity Diagram, dan Class Diagram digunakan untuk merancang struktur sistem dari segi pendifenisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem.

Keywords


Arsitektur; Unified Modeling Language; Class Diagram; Activity Diagram

Full Text:

PDF

References


Depkes RI, Pedoman Penggunaan Obat Bebas dan Bebas Terbatas, Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Jakarta, 2007.

Suryawati, S., Menuju Swamedikasi yang Rasional, Pusat Studi Farmakologi Klinik dan Kebijakan Obat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.