Aplikasi Pelayanan Target Operasi Pelanggan Automatic Meter Reading (AMR) Pada PT. PLN (Persero) WS2JB Area Palembang Berbasis Mobile

Winny Dea Monica, Della Audita, Muhammad Rayhan Novello, Ali Ibrahim

Abstract


Pelayanan listrik merupakan salah satu jenis pelayanan publik yang menjadi fokus perbaikan karena dinilai masih sering menimbulkan permasalahan yang berpengaruh kepada aktivitas manusia. Mayoritas aktivitas manusia, khususnya di bidang ekonomi menyandarkan diri pada ketersediaan listrik. Kondisi saat ini dengan keterbatasan sumber pembangkit yang tidak sebanding dengan tingginya permintaan energi listrik mengharuskan PLN untuk melakukan manajemen (pengelolaan) dengan seksama. Keberhasilan manajemen didukung oleh penyelenggaraan pelayanan khususnya pada unit layanan dimana ditempat inilah terjadi komunikasi langsung antara masyarakat dengan PLN sebagai penyelenggara pelayanan. Unit layanan listrik yang menjadi wilayah studi adalah PT.PLN WS2JB Area Palembang. Upaya peningkatan pelayanan terus dikembangkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang menjadi kendala dalam pelayanan. Dalam pembacaan meter pelanggan AMR sering terjadinya masalah gagal baca meter. Hal ini mengakibatkan pemonitoringan pelanggan AMR menjadi bermasalah dan akan ditindak lanjuti dengan melakukan target operasi (TO) pada pelanggan AMR yang gagal baca tersebut. Berlatarbelakang dari hal tersebut timbul pertanyaan penelitian mengenai bagaimanakah upaya peningkatan pelayanan yang telah dilakukan oleh manajemen AMR pada PT.PLN WS2JB Area Palembang? Guna menjawab pertanyaan penelitian, maka penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kualitas manajemen pelayanan listrik di PT.PLN WS2JB Area Palembang.

Keywords


AMR; mobile application; manajemen pelayanan; PLN

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.