SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN BARU MENGGUNAKAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FUZZY SAW) PADA PT. SUMATERA PRIMA FIBREBOARD

ina aisyah handayani, Ermatita Zuhairi

Abstract


Perkembangan dunia kerja sekarang ini semakin berkembang pesat dengan adanya teknologi informasi. Sehingga perusahaan harus lebih selektif  lagi dalam memilih karyawan yang berkualitas, tentunya dalam pemilihan karyawan terbaik diperlukan penerimaan karyawan yang efektif untuk kemajuan perusahaan itu sendiri. Maka diperlukan adanya perhitungan untuk menentukan karyawan terbaik perlu sistem yang bisa terkomputerisasi dengan baik yang nantinya menghasilkan perhitungan yang akurat dengan menggunakan metode Fuzzy Simple Additive Weighting (Fuzzy SAW). Metode Fuzzy digunakan untuk analisis nilai kualitatif ke kuantitatif dan proses perangkingan dilakukan dengan  metode SAW untuk kriteria administrasi, wawancara, psikotes dan Medical Check Up. Hasil akhir penelitian ini setelah dihitung maka pelamar akan dikategorikan Sangat Layak (SL), Layak (L), Tidak Layak (TL) menjadi karyawan.


Keywords


Logika Fuzzy, Simple Additive Weighting, Karyawan, Penerimaan

Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, S. (2005). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Saleh, A. (2015). Implementasi Fuzzy Mamdani dalam Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kesesuaian Bidang Peminatan Mahasiswa(Studi Kasus: Universitas Potensi Utama). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015 STMIK AMIKOM Yogyakarta. ISSN : 2302- 3805, 218.

Setyani, R. E., & Saputra, R. (2015). Flood-prone Areas Mapping at Semarang City By Using Simple Additive Weighting Method. CITIES 2015 International Conference, Intelligent Planning Toward Smart Cities, CITIES 2015, 3-4 November 2015, Surabaya, Indonesia.

Simanjuntak, M., & Fauzi, A. (2017). Penerapan Fuzzy Mamdani Pada Penilaian Kinerja Dosen . Jurnal ISD Vol2 No.2 Juli - Desember 2017 pISSN : 2477-863X eISSN: 2528--5114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.