Model Penerimaan Teknologi E-Commerce UMKM Kain Tenun Songket Kota Palembang

Irma Salamah, Aryanti Aryanti, Lindawati Lindawati, Asriyadi Asriyadi

Abstract


E-commerce merupakan kesatuan teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Meskipun manfaat E-commerce bagi UKM sangat besar, saat ini hanya sedikit UKM yang telah mengadopsi Ecommerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana penerimaan teknologi e-commerce pada UMKM kain tenun songket Kota Palembang dengan menggunakan model TAM dan menambahkan variabel social influence. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara pada 25 UMKM kain tenun songket yang telah menerapkan e-commerce pada proses bisnisnya. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan regresi linier berganda (multiple linier regression) dan diperoleh hasil perceived usefulness, perceived ease of use, dan social influence berpengaruh terhadap intention to use e-commerce technology.

Keywords


TAM; UMKM; e-commerce

Full Text:

PDF

References


Trisninawati, “Pengusaha Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif ( Studi Kasus Industri Kerajinan Tenun Songket Di Kota Palembang ),” J. Manajemen, Jur. Ekon. Univ. Bina Darma Palembang, 2012.

I. D. K. . Ardiana, I. . Brahmayanti, and Subaedi, “Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 12, no. 1, p. pp.42-55, 2010.

R. Rahayu and J. Day, “Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 195, pp. 142–150, 2015.

N. Chiliya, C. K. Chikandiwa, and B. Afolabi, “Factors Affecting Small Micro Medium Enterprises’ (SMMEs) Adoption of E-Commerce in the Eastern Cape Province of South Africa,” Int. J. Bus. Manag., vol. 6, no. 10, pp. 28–36, 2011.

S. Chong, “Success in Electronic Commerce Implementation: A Cross-Country Study of Small and Medium-Sized Enterprise,” J. Enterp. Inf. Manag., vol. 21, no. 5, pp. 468–492, 2008.

S. Shah Alam, M. Y. Ali, and M. Mohd. Jani, “An Empirical Study of Factors Affecting Electronic Commerce Adoption among SMEs in Malaysia,” J. Bus. Econ. Manag., vol. 12, no. 2, pp. 375–399, 2011.

E. E. Grandón, S. A. Nasco, and P. P. Mykytyn, “Comparing theories to explain e-commerce adoption,” J. Bus. Res., vol. 64, no. 3, pp. 292–298, 2011.

M. Kartiwi, “Case studies of e-commerce adoption in Indonesian SMEs: the evaluation of strategic use,” Australas. J. Inf. Syst., vol. 14, no. 1, pp. 69–80, 2006.

W. Agustian and R. Syafari, “Pendekatan Technology Acceptance Model ( TAM ) Untuk Mengidentifikasi Pemanfaatan Internet Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Selatan,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun. Terap. 2014 (SEMANTIK 2014), vol. 2014, no. November, pp. 20–25, 2014.

F. D. Davis, “Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , And User Acceptance,” MIS Q., vol. 13, no. 3, pp. 319–339, 1989.

F. D. Davis, R. P. Bagozzi, and P. R. Warshaw, “User acceptance of computer technology: a comparison of two theoretical models,” Management Science, vol. 35, no. 8. pp. 982–1003, 1989.

P. D. Prof. Jogiyanto HM, Akt., MBA., Sistem Informasi Keperilakuan, 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2007.

Y. A. Kim and J. Srivastava, “Impact of Social Influence in E-Commerce Decision Making,” Proc. ninth Int. Conf. Electron. Commer. - ICEC ’07, p. 293, 2007.

D. Priyatno, Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Jakarta: MediaKom, 2013.

S. Uma, Metodelogi Penelitian Untuk Bisnis, 4th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

D. N. Gujarati and D. C. Porter, Basic Econometrics. McGraw-Hill Irwin, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.