Sistem Informasi Cuaca Berbasis Dekstop dengan Menggunakan Data Sensor dan BMKG

Yulia Hapsari, Bella Adinda Putri, Samsuryadi Samsuryadi

Abstract


Abstract—Cuaca yang sering berubah-ubah akan sangat menganggu kegiatan sehari-hari, hal ini di dasari oleh kebutuhan yang tinggi dari berbagai pihak untuk melakukan otomatisasi dancfleksibilitas yang tinggi dalam mendeteksi kondisi cuaca berbasis internet dan komputer tanpa harus mengamatinya langsung. Untuk itu, artikel ini memaparkan suatu sistem informasi cuaca untuk memberikan informasi awal sebagai pemberitaan yang diperlukan oleh komandan untuk mengetahui keadaan di lapangan. Sistem informasi cuaca yang diusulkan  terintegrasi dengan Database Server yang dikembangkan Dengan menggunakan bahasa pemograman C# dan database MySQL  serta menggunakan bahasa pemrograman  PHP dan Application Programming Interface (API) sebagai perantara komunikasi data. Pengolahan informasi dalam aplikasi cuaca dilakukan secara online untuk data BMKG dan secara offline untuk data sensor.

Keywords


sistem informasi cuaca; C#; API; PHP; MySQL

Full Text:

PDF

References


. K. Karthik, T. Suraj, K. Lokesh, P. Arum, “Arduino Based Weather Monitoring System,” International Journal of Engineering Research and General Science., vol. 3, issue 2, page.452-458, March-April, 2015.

Aror,R D, Hesky,SK, dan Guntur Pasau," Pembuatan Aplikasi Prakiraan Cuaca Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic"2012.

Prabawati, Arie, Microsoft Visual C# 2010, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2011.

Firdaus, PHP & MySQL dengan Dreamweaver, Maxikom, Palembang, 2007.

API, j. Documentation. Retrieved from jQuery API: api.jquery.com, 27 February 2014, 07.56 WIB.

Quarter guritno, S, Sudaryono, and Raharja, u. 2011. Theory and Application of IT Research. Yogyakarta: Andi.

Davison, R M, Martinsons, m. g., Kock, n. (2004), Journal: Journal Information Systems: Principles of Canonical Action Research 14,65 – 86


Refbacks

  • There are currently no refbacks.