Penerapan Metode State Chart pada Sistem Kendali Autopilot Kapal Laut dengan Jalur Virtual

Rian Rahmanda Putra, Husnawati Husnawati, Rossi Passarella

Abstract


Indonesia merupakan wilayah maritim yang luas perairannya lebih besar dibandingkan dengan luas daratan, oleh karena itu banyak digunakan transportasi laut sebagai pengiriman barang dan penyebrangan antar pulau dengan menggunakan alat transportasi yang berupa kapal. Banyak kecelakaan yang terjadi pada kapal laut disebabkan oleh sistem navigasi dari kapal yang masih manual. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah sistem kendali autopilot pada kapal laut dengan menggunakan metode state chart. Pengujian kapal dilakukan pada jalur virtual yang selanjutnya dapat dipantau melalui PC, sehingga sistem pengendalian kapal dapat berjalan secara otomatis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem navigasi virtual pada kapal dengan menggunakan metode state chart dapat bekerja dengan baik pada jalur percobaan yang diberikan, hal ini ditunjukkan dengan tingkat akurasi sebesar 81.14%.

Keywords


Sistem Kendali; Autopilot; Kapal; State Chart; Virtual Line

Full Text:

PDF

References


M. Fawzia, F. Azhar, A. K. Ningsih, K. Devianto, M. N. Fattah, and U. G. Mada, 2014. Si-penyu: Sistem Pengelolaan Kelautan Berupa USV Semi- Automatic Pendeteksi Minyak dan Ikan, Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta, pp. 1–4,

D. Hubla, 2007. Rekap Data Kecelakaan Laut KNKT.

H. Setiawan, M. D. Rachman, G. D. Yara, A. Aprillisanti, and S. Amanda, 2014.TEKWAN (Teknologi Wireless Automatic Nahkoda) For Ship, Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta, pp. 1–6.

A. S. Taufik, 2013. Sistem Navigasi Waypoint Pada Autonomous Mobile Robot, Jurnal Mahasiswa TEUB, vol. 1, no. 1, pp. 1–6.

A. Akbar, 2013. Implementasi Sistem Navigasi Wall Following Menggunakan Kontroler PID dengan Metode Tuning pada Robot Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI). Divisi Senior, Jurnal Mahasiswa TEUB, vol.V, pp.7-11

L. Warasih H, 2008. Perancangan Mobile Robot Dengan Sensor Kamera Menggunakan Sistem Kendali Fuzzy, skripsi. Teknik Elektro. Universitas Indonesia.

D. Pendidikan, KBBI. 2002. Jakarta: Balai Pustaka.

F. P. T. Pangalila, 2011. Stabilitas Statis Kapal Pole and Line KM Aldeis di Pelabuhan Perikanan Aertembaga Bitung Sulawesi Utara, jurnal perikanan dan kelautan tropis, vol. VII–1, pp. 21–26.

M. Rahman and S. Wasista, 2010. Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Webcam Untuk Absensi Dengan Metode Template Matching, EEPIS Final Project, vol.II, pp. 1–6.

D. Putra, 2010. Pengolahan Citra Digital. Jogjakarta: Penerbit Andi.

A. Agustina, 2014. Penerapan Statechart Melalui Pergerakkan Robot Dengan Fitur Webcam Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-anak, Tugas Akhir. sistem Komputer. Universitas Sriwijaya.

[R. Eka, 2012. Implementasi Pembesaran Citra Meggunakan Metode Error-Amanded Sharp Edge (EASE), Jurnal Iptek, vol.XII, no. 2.

[G. Saselah, W. Weku, and L. Latumakulita, 2013. Perbaikan Citra Digital dengan Menggunakan Filtering Technique dan Similarity Measurement, de CARTESIAN, vol. II, no. 2, pp. 1–9.

T. F. Syamsiar, E. Puspita, and B. N. Iman, 2009. Sistem Identifikasi Scan Iris Mata Menggunakan Metode JST Propagasi Balik Untuk Aplikasi Sistem Pengamanan Brankas, PENS-ITS,vol.III, no.1, pp 17-21.

F. Rozy, R. Isnanto, and A. A. Zahra, 2014. Sistem Pengenalan Garis Utama Telapak Tangan Menggunakan Metode Principal Component Analysis (PCA) dan Jaringan Syaraf Tiruan Perambatan Balik, TRANSIENT, vol.III, no. 2, pp. 146–149.

A. Basuki and J. F. F. Palandi, 2005. Pengolahan Citra Digital Menggunakan Visual Basic. Jogjakarta: Graha Ilmu.

M. Siahaan, 2009. Implementasi Segmentasi Citra Menggunakan Metode Graphy yang Efisien, Departemen Matematika, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sumatera Utara.

[18] P. Sulistyorini, 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. XIV, no. 1, pp. 23–29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.