Pencocokan Filter Multiskala Yang Ditingkatkan Untuk Segmentasi Pembuluh Retina Menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimalization (PSO)

Qonita Al'afwa

Abstract


Segmentasi pembuluh retina merupakan langkah penting dalam sebagian besar algoritma untuk mencari struktur retina lainnya seperti disk optik dan fovea yang berfungsi sebagai bantuan untuk pendaftaran gambar yang diambil pada instants yang berbeda atau dilokasi yang berbeda dari retina. Pada segmentasi pembuluh retina ini juga dapat digunakan untuk diagnosis, skrining, pengobatan dan evaluasi penyakit cardiovascular dan ophthalmologic seperti diabetes, hipertensi, arteriosklerosis dan neovaskularisasi khorodial.

            Penelitian ini diusulkan sebuah metode segmentasi pembuluh retina dengan menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimalization (PSO) yang digunakan untuk menghitung parameter filter multiskala.

Pada penelitian ini menggunakan 20 citra retina dari dataset STARE yang penyakitnya berbeda-beda ada yang Background Diabetic Retinopathy, Myelinated Nerve Fibers, ada juga retina normal. Maka dari penelitian diatas dapatlah nilai rata-rata dari akurasi yaitu 85%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.