Penggunaan Metode Poincare Index Dalam Pendeteksian Letak Corepoint Pada Sidik Jari

Fila Harmuningtyas, Indah Agustien, Fitri Damayanti

Abstract


Dalam sebuah sistem pemilihan umum masih digunakan cara tradisional. Hal ini tidak efektif karena seseorang bisa melakukan kecurangan. Dengan menggunakan pemilihan on-line diharapkan dapat meminimalisir penggunaan kertas dan tinta. Dalam hal ini pemilihan dilakukan dengan proses login menggunakan verifikasi sidik jari yang diharapkan akan lebih efektif untuk meminimalkan segala kecurangan yang mungkin terjadi karena dengan verifikasi sidik jari tidak mungkin akan diwakilkan oleh seseorang dan tidak mungkin akan dipalsu.
Salah satu tahapan penting pada pengenalan sistem sidik jari adalah proses ekstraksi fitur, hal ini berkaitan dengan pengidentifikasian letak core dan delta point. Oleh karena itu pada penelitian tugas akhir ini, yang dilakukan adalah pendeteksian letak Corepoint dengan menggunakan metode Poincare Index.
Dari hasil pengujian sistem didapatkan hasil bahwa penggunaan metode Poincare Index untuk mengidentifikasi letak corepoint pada sidik jari memiliki tingkat akurasi berkisar antara 40% sampai 65% dengan uji coba terhadap 160 sidik jari yang diambil dari database FCV (Fingerprint Verification Contest) 2002.

Full Text:

F12-F16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Aplikasinya
Jurusan Sistem Informasi | Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Sriwijaya