Jupyter Notebook App: Alternatif Teknologi Pembelajaran Fisika Berbasis Web Browser

Dedi Setiabudidaya

Abstract


Dalam beberapa dekade ke belakang, perangkat keras dan perangkat lunak komputer mengalami perkembangan yang sangat cepat. Bagi sebagian besar pemerhati sejarah ilmu pengetahuan, perkembangan yang sangat cepat ini memposisikan komputasi sebagai pilar ketiga dari sains setelah teori dan eksperimen. Sebagai contoh, Perez dan Granger (2007) menciptakan aplikasi IPython Notebook  berbasis web browser yang telah digunakan oleh banyak orang di bidang pendidikan dan penelitian. Aplikasi ini kini telah bertransformasi menjadi Jupyter Notebook App, dengan menggunakan bahasa pemograman utama yang lebih beragam, yaitu Julia, Python dan R. Shen (2014) memperkirakan satu juta peneliti dan pendidik telah menggunakan aplikasi ini untuk menunjang kegiatan profesinya. Makalah ini membahas pemanfaatan Jupyter Notebook App sebagai teknologi pembelajaran fisika khususnya di bidang fisika bumi dan fisika bahan dengan menggunakan bahasa pemograman python. Hasil survey terbaru menunjukkan bahwa Python kini telah menjadi bahasa pemograman favorit di beberapa perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat (Guo, 2014).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.