Steganografi pada Citra Digital Berwarna 32-Bit Menggunakan Least Significant Bit

Ahmad Aidil Fitri, Megah Mulya, Al Farissi

Abstract


Penelitian steganografi menggunakan metode Least Significant Bit (LSB) pada citra sebagai media penampung pesan rahasia umumnya menggunakan citra 8-bit hingga 24-bit dimana penyisipan atau penyembunyian pesan dilakukan di bit-bit kurang berarti elemen abu-abu untuk citra grayscale dan elemen merah, hijau dan biru (RGB) untuk citra berwarna. Pada penelitian ini citra penampung yang digunakan merupakan citra digital berwarna dengan kedalaman bit berjumlah 32 berekstensi *.png dan pesan rahasia berupa berkas teks berekstensi *.txt. Teknik penyisipan LSB pada penelitian ini mengalami peningkatan karena citra digital yang digunakan yaitu 32-bit dimana memiliki 4 elemen warna yaitu merah, hijau, biru dan alfa (RGBA). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menghasilkan daya tampung atau kapasitas pesan rahasia yang dapat disisipkan lebih besar dan tetap menghasilkan kualitas citra stego yang baik dengan nilai Mean Square Error kurang dari 2.0 dan nilai Peak Signal-to-Noise Ratio diatas 40dB.

Keywords


steganografi; least significant bit; citra berwarna 32 bit; mean square error; peak signal-to-noise ratio

Full Text:

PDF

References


Alatas, P. (2009). Implementasi Teknik Steganografi pada Citra Digital. Universitas Gunadarma.

Amira, H. M. (2009). Studi Steganografi pada Image File. Institut Teknologi Bandung.

Piarsa, I. N . 2011. Steganografi pada Citra JPEG dengan Metode Sequential dan Spreading. Universitas Udayana.

Putra, D. 2010. Pengolahan Citra Digital (Edisi 1). Penerbit Andi, Yogyakarta, Indonesia.

Rawat, D. Bhandari, V. (2013). A Steganography Technique for Hiding Image in an Image using LSB Method for 24 Bit Color Image. International Journal of Computer Applications (0975-8887). Vol. 64, No.20.

Rindi, A. S. 2010. Steganography dengan Metode LSB (Least Significant Bit) pada Citra Digital. Politeknik Telkom Bandung.

Sutoyo,T., Mulyanto,E., Suhartono,V., Nurhayati,O. D. & Wijarnarto.2009. Teori Pengolahan Citra Digital. ANDI: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.