Analisis Penerimaan Sistem Informasi Pemasaran Pada PT XYZ Dengan Pendekatan Model DeLone Dan McLean

Dien Novita

Abstract


AbstrakDi era informasi dan teknologi sekarang ini menuntut para pelaku bisnis untuk mengembangkan kegiatan bisnisnya dengan tetap menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Sebagian besar kegiatan bisnis sudah melibatkan teknologi, baik dari segi penggunaan hardware maupun software. Dalam memberikan layanan kepada pelanggan, PT XYZ  memberikan layanan bagi pelanggannya, yaitu dengan menyediakan sistem informasi pemasaran berbasis web. Siatem informasi tersebut digunakan oleh karyawan dan para pelanggannya. Untuk dapat mengetahui sejauh mana penerimaan terhadap sistem tersebut, maka perlu dianalisis penerimaan layanan sistem informasi pemasaran yang mereka jalankan. Dengan metode analisis deskriptif dengan sampel 123 responden, analisis penerimaan  layanan sistem informasi pemasaran di PT XYZ cukup baik, terlihat dari variabel dalam model McLean dan DeLone yang digunakan dalam penelitian ini, diperoleh rata-rata pengguna setuju dengan layanan sistem informasi tersebut dengan persentasenya berkisar antara 75,99% sampai 85,78%. Dari hasil tersebut menuntut pihak PT XYZ untuk terus mempertahankan tingkat kualitas sistem, informasi, dan kepuasan pengguna sehingga manfaat yang diperoleh untuk perusahaan semakin optimal.

Kata Kunci—Analisis, Sistem Informasi Pemasaran, Penerimaan, Pelanggan, Model McLean dan DeLone


Refbacks

  • There are currently no refbacks.